Konsistensi adalah Kunci Kesuksesan di Segala Hal

Ada satu wejangan hidup yang menurut saya berlaku untuk semua orang, “Apa pun profesinya, konsistensi adalah kunci kesuksesan”. Umumnya, orang-orang yang memiliki konsistensi tinggi akan berusaha keras untuk mencapai tujuan, dan dalam prosesnya, mereka akan banyak mendapatkan pelajaran.

Konsistensi ini ibarat air yang terus menetes untuk melubangi sebuah batu. Awalnya, tidak mungkin air bisa menembus permukaan batu yang keras. Namun lama-kelamaan, lubang pun pun bisa terbentuk di batu tersebut.

Saya melihat bahwa mereka yang benar-benar sukses tidaklah mendapatkan kesuksesan tersebut dalam waktu singkat. Di balik kehidupan yang terlihat mudah dan penuh privilese, terdapat perjuangan berdarah-darah yang tidak diketahui orang lain. Kita tentu ingin berada pada posisi penuh privilese tersebut. Untuk mencapainya, mari pahami bagaimana konsistensi dapat mengubah hidup seseorang, berikut ini.

Konsisten, Bukan Sekadar Bekerja Keras

Ketika membicarakan konsistensi, beberapa dari kita mungkin membayangkan gambaran seseorang yang terus-menerus bekerja tanpa kenal lelah. Kerja keras memang merupakan bagian dari konsistensi, tetapi ia harus dilakukan secara terencana. Jika tidak, apa yang dilakukan akan sia-sia.

Saya akan memberikan sebuah contoh konsistensi yang akan membuahkan hasil. Misalnya, ketika Anda tertarik dengan dunia ilustrasi dan ingin sukses di bidang tersebut, Anda harus memahami langkah apa saja yang harus diambil untuk bisa bekerja secara profesional di bidang ilustrasi. Anda juga wajib untuk terus memperdalam kemampuan, baik melalui sekolah formal, kursus, ataupun secara otodidak.

Setelah itu, Anda juga wajib mempelajari langkah yang biasa diambil ilustrator profesional dalam karier. Misalnya, memulai pekerjaan di agensi, mengambil pekerjaan lepas di berbagai platform, dan sebagainya.

Saat meniti karier, wajib buat Anda untuk merencanakan apa yang ingin Anda capai. Apakah sekadar naik jabatan? Pendapatan? Ataukah membuat sebuah perubahan dengan kemampuan Anda?

Rencana membantu Anda untuk mengambil langkah tepat dalam menggapai mimpi. Tanpa adanya rencana yang baik, tentu karier sebagai ilustrator akan jalan di tempat. Pada satu titik, Anda akan merasa jenuh dengan apa yang dikerjakan. Buruknya, Anda bahkan bisa kehilangan ketertarikan atas bidang yang pernah disukai tersebut. Banyak orang yang terjebak dalam zona ini dan mereka harus bersusah payah untuk keluar dari sana.

Ada beberapa cara yang saya rekomendasikan untuk menjaga konsistensi dalam merencanakan mimpi. Simak satu per satu di sini:

1. Buat plan yang realistis

Dalam membuat rencana, sebaiknya bersikaplah secara realistis. Sah-sah saja bermimpi setinggi mungkin, tetapi jika Anda tidak tahu bagaimana cara meraihnya, mimpi itu hanya akan membuang-buang waktu.

Buatlah daftar mengenai rencana terkait karier atau bisnis Anda. Dengan daftar tersebut, Anda jadi tahu apa saja langkah yang patut diprioritaskan di masa depan sehingga Anda tidak perlu membuang waktu untuk hal yang sia-sia.

2. Membuat daftar mengenai langkah-langkah yang akan diambil

Saya memiliki sebuah agensi dan saya ingin agensi saya menjadi salah satu agensi digital terbesar di Indonesia. Langkah-langkah yang bisa saya ambil antara lain mengoptimalkan pemasaran digital, terus mencari tahu pangsa pasar bisnis saya, merekrut orang-orang yang kompeten di bidang ini, dan sebagainya.

Dari beberapa langkah yang saya ambil, saya melakukan analisis mengenai langkah mana yang membawa pengaruh paling besar dan mana yang sebaiknya ditinggalkan karena tidak memberikan perubahan signifikan terhadap bisnis saya.

3. Berhenti menunda

Rencana hanya akan menjadi angan-angan jika tidak dieksekusi. Menunda pekerjaan memang menyenangkan, tetapi hanya akan memberi Anda beban di masa depan. Segera lakukan apa yang Anda rencanakan, kalau perlu buat tenggat yang harus Anda patuhi.

Jika Anda memulai perencanaan dengan tiga hal di atas, maka akan lebih mudah untuk menjalankan pekerjaan dan meraih tujuan.

4. Jangan mudah bosan

Kebanyakan orang menyerah di tengah jalan bukan karena mereka tidak mampu, tetapi karena mereka jenuh. Orang-orang sukses bukan hanya mereka yang mampu menaklukkan rintangan dari luar, tetapi juga rintangan dari dalam diri.

Rasa jenuh adalah emosi sesaat, sebaiknya alihkan dengan melakukan inovasi positif terkait mimpi Anda. Alternatif lainnya adalah rehat sejenak. Ya, semua orang butuh istirahat untuk menyehatkan tubuh dan pikiran.

5. Minta saran dari orang yang dipercaya

Terkadang, kita tak mampu memandang diri kita sendiri secara subjektif. Maka dari itu, saya kerap kali meminta saran dari mereka yang benar-benar mengenal saya dengan baik dan mereka yang sudah ahli dalam bidang tertentu. Saran-saran yang positif akan membantu Anda untuk tetap menjaga konsistensi dalam meraih mimpi.

6. Terbuka terhadap kemungkinan baru

Terdapat perbedaan besar antara konsisten dengan tidak terbuka terhadap kesempatan baru. Orang yang tidak terbuka terhadap kesempatan baru enggan untuk belajar dan tidak mau mendengarkan saran orang lain. Ia hanya mau berada di jalurnya tanpa tahu apakah jalur yang ia ambil benar atau tidak.

Sementara itu, orang yang konsisten akan sangat setia dengan langkah yang diambil, tetapi ia akan terbuka dengan pilihan lain yang realistis. Contohnya, apabila Anda hobi menulis fiksi, Anda tidak menutup kemungkinan dari karier lain terkait dunia penulisan, seperti menjadi copywriter atau content-writer.

Buah dari Konsistensi

Usaha keras dan kesetiaan tidak akan pernah mengecewakan Anda. Jika suatu saat kegagalan datang, kita akan mendapatkan pelajaran berharga yang dapat meningkatkan kualitas diri. Hal tersebut tentu dapat menjadi modal untuk merangkak ke atas.

Sementara itu, jika Anda sukses, kesuksesan ini tidaklah berlangsung sementara saja. Pasalnya, Anda sudah menempa diri dengan sangat kuat dan Anda tak akan mudah jatuh. Tentu ini berbeda dengan kesuksesan yang didapatkan secara instan dan aji mumpung.

Konsistensi adalah kunci kesuksesan yang utama dan Anda tak akan menyesal melakukannya. Mulai sekarang, jaga konsistensi dari setiap hal yang Anda lakukan. Suatu saat, Anda akan memetik hasil konsistensi yang ditanam sejak sekarang. Tetaplah optimis!

More Articles

Belajar Mendengarkan Adalah Pelayanan Tingkat Tertinggi

Belajar Mendengarkan Adalah Pelayanan Tingkat Tertinggi

Hampir setiap waktu kita berhadapan dengan orang, duduk berdua atau rombongan dalam satu tempat. Salah satu dari kita pasti ada yang tengah berbicara, mengeluarkan pendapat, argumen atau bahkan sekadar ingin menceritakan apa yang sudah dialami. Sementara yang lain akan diam mendengarkan. Apakah Kita Benar-Benar Mendengarkan? Seringkali hanya tubuh yang memperlihatkan seolah ‘mendengarkan’ padahal mata bergerak ... Read moreRead more

Menjadi Generalis atau Spesialis, Pilih yang Mana?

Menjadi Generalis atau Spesialis

Menjadi generalis atau spesialis? Generalis merupakan seseorang yang bisa melakukan banyak hal. Sementara itu, spesialis hanya bisa melakukan satu hal, tetapi mendalam. Kasus generalis ini serupa dengan istilah jack of all trades. Pernahkah Anda mendengar istilah ini? Jack of all trades merupakan sebutan bagi mereka yang mampu melakukan berbagai macam hal tetapi tidak menguasai satu ... Read moreRead more

Leave a Comment